Muncar, 26 Juli 2024. - Dalam upaya meningkatkan keterampilan adaptabilitas karier di kalangan remaja, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia mengadakan pelatihan adaptabilitas bagi siswa kelas IX SMPN 4 Muncar Satu Atap. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh Kelompok Riset Kesehatan Mental Komunitas terdapat setidaknya -+ 70 % siswa mengalami masalah emosi dan perilaku yang tinggi. Salah satu faktor yang berkontribusi adalah rendahnya kejelasan harapan sekolah terhadap siswa yang dapat menyebabkan rasa putus asa pada siswa. Hal ini pula yang menyebabkan rendahnya skor adaptabilitas karier (3,38) yang dimiliki oleh siswa SMPN 4 Muncar Satu Atap. Rendahnya adaptabilitas karier menunjukkan bahwa diperlukan adanya pelatihan lebih lanjut mengenai adaptabilitas karier bagi peserta didik SMP di Kabupaten Banyuwangi salah satunya SMPN 4 Muncar Satu Atap.
Tujuan dari kegiatan ini adalah peserta memiliki adaptabilitas karier yang diharapkan dapat memberikan keterampilan yang diperlukan oleh siswa SMP di Banyuwangi dalam menentukan rencana kariernya. Keterampilan yang dimiliki juga dapat membantu siswa menjadi lebih terarah dalam mempersiapkan dirinya untuk mencapai tujuan karier yang diinginkan. Dengan begitu, remaja yang menjadi sasaran akan lebih siap untuk memberikan kontribusi kepada daerahnya.
Pelatihan ini dirancang khusus untuk membantu remaja mengembangkan keterampilan yang penting untuk menghadapi tantangan dunia kerja yang terus berubah. Melalui berbagai permainan outdoor yang dirancang dengan cermat, peserta akan menghadapi situasi yang membutuhkan pemecahan masalah, kerja tim, dan kreativitas – semua keterampilan yang sangat diperlukan dalam lingkungan kerja modern. Acara ini, menggabungkan elemen permainan outdoor dengan pembelajaran praktis, bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan sekaligus mendalam
Kegiatan dimulai pada pukul 07.30 dan diakhiri pada pukul 11.00 WIB, diawali dengan pemberian name tag oleh tim pendamping memberikan kepada setiap siswa sebelum kegiatan dimulai. Sebelum pelatihan dimulai, setiap siswa akan dikumpulkan dalam kelompok kecil dan diberikan pertanyaan (pre-test) untuk mengukur kondisi awal adaptabilitas karier peserta sebelum mengikuti pelatihan yang didampingi oleh fasilitator dan ko-fasilitator sesuai dengan tugas masing-masing di setiap pos yang disiapkan. Baik fasilitator maupun ko-fasilitator akan bertugas untuk melakukan observasi peserta selama pelatihan untuk mendapatkan data kualitatif mengenai adaptabilitas karier peserta pelatihan. Diakhir kegiatan siswa dikumpulkan kembali untuk mengikuri post-test sesuai arahan tim pendamping/ fasilitator.
Kegiatan ini dilaksanakan di lokasi outdoor yang telah dirancang untuk menciptakan suasana yang mendukung pelatihan dan interaksi. Dengan pendekatan yang menyenangkan dan interaktif ini, tim fasilitator berharap para siswa tidak hanya belajar keterampilan penting tetapi juga menikmati proses selama pelatihan yang diadakan di lokasi outdoor yang strategis, memberikan suasana yang mendukung eksplorasi dan eksperimen.
Gambaran Kegiatan:
Harapan terbesar kami dengan adanya pelatihan adaptabilitas ini memberikan pengalaman belajar yang berbeda dari pelatihan lainnya, serta dapat memotivasi siswa untuk lebih siap menghadapi dinamika dunia pendidikan di masa depan. Semoga dengan pelatihan ini dapat memanfaatkan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang berguna sepanjang karir siswa SMPN 4 Muncar Satu Atap.
Dapatkan informasi tentang kegiatan dan program SMPN 4 Muncar melalui situs web kami di http://smpn4muncarsatuatap.sch.id/ atau hubungi kami melalui kontak yang tersedia.
Muncar, 30 Agustus 2025 – SMP Negeri 4 Muncar melaksanakan kegiatan In House Training (IHT) dengan t
SMPN 4 Muncar Satu Atap, 16 Agustus 2025 — Suasana meriah dan penuh semangat serta sorak sorai memen
Muncar, 22 Agustus 2025 — Suasana SMPN 4 Muncar Satu Atap kali ini berbeda dari tahun sebelumnya yan